SIDOARJO - Bandar Udara Internasional Juanda (Juanda International Airport) termasuk salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Hal ini tak lepas karena peranannya sebagai salah satu pintu gerbang masuk utama ke wilayah Jawa Timur terutama kota Surabaya. Bahkan bandara ini tercatat sebagai bandara tersibuk nomor 2 di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta berdasarkan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat. Saat ini jumlah terminal yang dioperasikan di Bandara Juanda ada dua yaitu terminal 1 dan 2. Dalam perkembangannya nanti di kemudian hari akan dibangun lagi terminal 3 yang jauh lebih keren dan spektakuler. Konon, katanya jika tidak ada aral melintang tahun 2044 sudah akan terealisasi.
 
Hotel terbaik di sekitar bandara juanda sidoarjo
Penampakan terminal 2 Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. (Afrizal/GNFI)

Bandara Internasional Juanda terletak di kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo kurang lebih berjarak 20 km dari selatan kota Surabaya. Bagi yang baru pertama kali berkunjung ke kota pahlawan - julukan buat kota Surabaya - terutama naik pesawat, biasanya akan menganggap bahwa Bandara Juanda masih berada di kota Surabaya. Padahal tidaklah demikian. Sama seperti ketika masih banyak orang beranggapan bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga berada di wilayah Jakarta padahal sekarang ada di wilayah Banten. Kurang lebih seperti itu letak lokasi wilayah operasionalnya.


Perkembangan dan pembangunan bandara di seluruh kota di semua negara apalagi negara maju tidak akan terlepas dari perkembangan dan pembangunan kawasan-kawasan sekitarnya. Karena bandara sudah bukan semata-mata sebagai area sarana angkutan transportasi tetapi sudah menjadi sebuah destinasi wisata. Bahkan di beberapa negara bisa kita rasakan sendiri atmosfer hiburan dan relaksasi jika menggunakan atau singgah di bandara-bandara tertentu. Di dalamnya ada banyak sekali pusat hiburan, jajanan kuliner, belanja, rekreasi dan sejenisnya. Tentu saja bahkan ada hotel yang berada di dalam bandara itu sendiri entah itu hotel konvensional atau bahkan hotel kapsul (capsule hotel).

Oke, sekarang kita akan menjaring referensi, komentar, review atau rekomendasi dari pengalaman-pengalaman konsumen Indonesia lainnya mengenai keberadaan hotel terbaik di dekat Bandara Internasional Juanda. Memang tidak semua orang akan menginap di hotel sekitar bandara. Tetapi bagi yang melakukan penerbangan subuh pagi dini hari apalagi ke luar negeri, yang lokasi rumahnya sangatlah jauh seperti luar kota atau yang melakukan penerbangan lanjutan pagi dini hari, tentu membutuhkan hotel untuk menginap. Biasanya hotel-hotel yang dipilih justru harus dekat dengan bandara. Supaya tidak kesiangan dan ketinggalan pesawat.

Menurut anda, hotel terbaik manakah yang layak dipilih atau diprioritaskan oleh konsumen jika sedang mencari hotel-hotel di sekitar Bandara Internasional Juanda? Silakan berikan review, komentar, pendapat, rekomendasi, referensi dari pengalaman anda. Bagi anda yang sedang mencari hotel-hotel terbaik di sekitar Bandara Juanda ini, harap mempertimbangkan komentar atau saran dari rekan-rekan yang ada. Semoga penerbangan anda lancar keesokan harinya ya!