Diskon Syarat Ketentuan Berlaku

Trik diskon yang satu ini adalah jenis diskon yang paling birokratis, njelimet dan banyak aturan mainnya. Bahkan bisa berjenjang-jenjang sampai yang membuatnya sendiri bingung apa ini program diskon atau pertandingan sepakbola. Memang semua program diskon selalu ada aturan mainnya tetapi yang satu ini sungguh keterlaluan. Seperti apakah diskon syarat dan ketentuan berlaku ini? Mari kita telusuri!

 

Diskon dengan syarat dan ketentuan berlaku
Barang bagus, diskon dah oke, cuma syarat dan aturan mainnya ini loh yang gak tahan. Bagaimana mau beli? image: freepik.com

Diskon Syarat Ketentuan Berlaku


Anda jalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan atau mal. Lalu anda melihat sebuah toko atau merek memberikan program diskon dan terlihat sangat menarik. Anda masuk dan memang ada banyak sekali barang-barang bagus yang kebetulan sedang dijual dengan harga sale. Mantap nih, pikir anda dalam hati. Lalu anda bertanya kepada salah satu penjaga toko dan apa yang terjadi? Ada banyak sekali butir aturan main agar bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga diskon. Si wiraniaga pun menjelaskan satu per satu kepada anda sampai anda berkata, "Stop! Kayaknya cukup dulu deh."


Contoh: diskon hanya untuk yang membeli dengan uang cash alias bayar tunai, tidak boleh membeli lebih dari satu item, belanja minimal harus Rp 2.000.000, harus jadi member dulu, harus join facebook dan instagram toko, wajib tweet ke minimal 10 orang teman, discount berakhir pukul 12 siang, tidak bisa pilih model, tidak bisa pilih warna, berlaku hanya untuk 10 pembeli pertama, kalau sudah masuk ke toko tidak jadi beli maka besok datang lagi tidak akan ada program diskon, dsb...dsb. Mungkin anda pun bingung apakah ada butir-butir bunyi aturan seperti itu bahkan untuk yang terakhir? Ada Kawan! Entah itu memang kebijakan sang pemilik toko atau karang-karangan dari si pelayan toko. Yang pasti pernah kami jumpai di salah satu mal ternama di ibukota Jakarta.


Pernah baca bunyi atau aturan (terms and conditions) dari sebuah kontrak perjanjian kepemilikan dan penggunaan kartu kredit, asuransi, membership, dsb? Nah kurang lebih seperti itulah banyaknya bunyi-bunyi aturan mainnya yang bikin runyam dan kepala pening. Belanja yang sederhana malah konsumen dibuat geleng-geleng kepala. Sambil berseloroh kami berbisik, "mungkinkah si pemilik toko dulunya mau menjadi pakar hukum tetapi terdampar sebagai pengusaha?"


Sebenarnya tidak ada yang salah dengan diskon seperti ini. Sebagai penjual setiap orang berhak menentukan aturan main dari program diskon yang mereka jalankan. Sebagai pembeli atau konsumen kita harus membaca dengan jelas, memahami benar dan teliti jika ingin bertransaksi di program diskon seperti ini agar tidak salah paham yang ujung-ujungnya berbeda penafsiran sampai harus menyewa pengacara. Ribet kan? Mungkin anda berseloroh, " Mana mungkin cuma transaksi dagang sampai menyewa pengacara?" Jelas ada Kawan! Sampai kami pernah membantu untuk melerai supaya tidak mengganggu toko-toko orang lainnya karena ribut-ribut tersebut. Kasusnya sih sewa menyewa lapak tetapi kita anggap juga sebagai sebuah program diskon karena yang punya lapak memang menyewakan dengan trik-trik penjualan tertentu. Maka tak heran ada advokat spesialis khusus bidang bisnis, bukan?


Yang pasti jika cocok dan oke terhadap barang yang ditawarkan, tanyakan dengan detil dan jelas jika ada aturan main atau syarat ketentuan yang berlaku. Sebab kalau sudah transaksi lalu kita komplain dan tidak dilayani, ini berarti ada yang salah dengan kita sebagai konsumen. Sebagai pembeli atau pengguna kita harus tunduk pada aturan main perusahaan. Baca, pahami dan jika tidak mengerti ditanyakan. Jika terasa berat dan mengada-ada maka tinggal cari toko lain atau pindah ke perusahaan lain. Dalam dunia bisnis selalu ada kompetitor atau produk substitusi. Jangan hanya terpaku pada satu toko, satu merek atau satu perusahaan. Bagi yang suka berbelanja online dan suka mengincar promo diskon harap lebih teliti. Toko online atau situs market place paling banyak terms and condition-nya! Terutama untuk yang membayar atau men-charge kartu kredit anda! Jangan sampai sudah dibayar lalu batal karena satu dua hal, uang tidak bisa dimintai kembali.


berikutnya  >>>  Diskon Selama Persediaan Masih Ada!