Trik-Trik Diskon Yang Perlu Diketahui Konsumen

Suka atau hobi berbelanja? Pasti tahu dong yang namanya diskon? Ada berapa banyak trik-trik diskon yang sering dipergunakan para usahawan untuk menggaet pembeli? Sebagai konsumen tentu kita harus paham dan menjadi pintar akan hal ini. Dengan demikian kita bisa mengenali serta membedakan: mana yang patut dan layak kita beli, mana yang bisa kita tunda untuk sementara waktu, serta mana yang harus kita tolak atau hindari sejauh mungkin. Menjadi konsumen pintar ada pada diri kita sendiri, bukan orang lain! Kalau bukan kita yang menjaga uang hasil kerja jerih payah kita, siapa lagi?

Diskon Launching Produk Baru
Diskon launching produk baru. image: pixabay.com

Diskon Launching Produk Baru


Berlaku di seluruh dunia di setiap negara. Trik diskon pertama yang sering dipergunakan pedagang dalam merayu calon pembeli adalah memberikan diskon ketika meluncurkan produk baru. Produk apapun itu! Mulai dari produk makanan minuman, perlengkapan pribadi, perlengkapan rumah tangga, kendaraan bermotor, properti, alat-alat teknik mekanik, jasa servis, layanan seminar, dsb. Begitu ada produk baru diluncurkan maka diskon besar-besaran mulai digaungkan.

 

Mengapa perlu memberikan diskon ketika meluncurkan produk baru? Agar bisa menarik pembeli. Sebab produknya masih baru dan belum dikenali oleh pasar. Lain ceritanya jika nanti sudah terkenal. Boro-boro diskon malah yang ada harga semakin mahal. Hukum permintaan dan penawaran berlalu di sini.

 

Ciri-cirinya gampang dikenali:

  • Pertama: nama, merek, tipe atau jenis produk memang tergolong baru atau belum dikenali sama sekali. Jadi butuh boost agar cepat dikenal dan akhirnya terkenal. Makanya promo diskon dipergunakan sejak hari peluncuran atau bahkan sebelum peluncuran resmi!
  • Kedua: biasanya menggunakan kata-kata atau kalimat ajaib untuk meyakinkan atau menghipnotis pembaca atau pendengar seperti: harga perkenalan, diskon soft opening, harga promo loh, buruan beli sebelum harga naik, early bird, new arrival, diskon produk baru, pre-release sale atau yang lebih bikin geleng kepala "bulan depan harga kami naikkan". Gile bener! Pokoknya kalimat promosinya benar-benar kreatif bahkan di luar pakem supaya menarik pembaca atau peminat dan akhirnya transaksi penjualan.

 

Lalu bagaimana kita harus menyingkapi trik diskon seperti ini? Yang namanya diskon pasti menarik dan memang kita bisa mendapatkan harga lebih murah. Hanya saja perlu direnungkan kembali apakah benar produk tersebut kita butuhkan? Jika memang butuh maka adalah kesempatan bagus untuk memesan atau membelinya. Mumpung sedang promo! Dipastikan setelah masa promonya lewat harga barang akan dinaikkan dan pasti naik.


Sayang seribu sayang. Meski diskon ini diluncurkan bukan berarti semua orang bakal dapat harga murah. Sebab biasanya perusahaan atau toko akan membatasi jumlah unit produk yang didiskon ini. Kalau itu layanan jasa maka dibatasi jumlah pembeli yang bisa mendapatkan harga diskon ini. Kalau butuh tentu kita harus cepat-cepat juga memesannya.

 

Pastikan juga bahwa merek atau nama perusahaan yang menjalankan promo ini cukup terkenal dan memang produk-produk sebelumnya cukup bagus. Jika tidak bagus sama saja bohong. Yang pertama saja sudah jelek meski murah untuk yang kedua tetap saja akan jelek. Kalau itu adalah sebuah restoran, kedai atau rumah makan yang sama sekali baru lalu menjalankan program diskon seperti ini, tak ada salahnya masuk mencobanya. Siapa tahu benaran enak. Bisa dijadikan langganan atau alternatif ketika restoran langganan kita sedang ramai atau sedang tutup.

 

berikutnya  >>> Diskon Tunai