Diskon Black Friday!

Selain diskon selama persediaan masih ada, kita juga mengenal istilah diskon "black friday" alias "jumat hitam". Apanya yang hitam? Apa maksud promo diskon satu ini dan bagaimana menyiasatinya? Mari kita pelajari bersama-sama.


Diskon belanja black friday
Diskon belanja black friday hanya ada di negara Amerika dan Canada.


Diskon Belanja Black Friday


Diskon black friday sebenarnya hanya ada di Amerika Serikat (US) dan Canada. Selalu diadakan di bulan november setiap tahun, hari jumat setelah hari raya Thanksgiving (ucapan syukur) yang merupakan hari libur nasional Amerika. Meski hari "jumat hitam" ini bukanlah hari libur nasional tetapi sebagian warga Amerika menjadikannya sebagai hari libur pribadi kecuali mereka yang memang tidak bisa meliburkan dirinya karena pekerjaan atau tugas shift khusus. Sepanjang "jumat hitam" ini akan dipergunakan untuk berkeliling ke toko-toko, pusat perbelanjaan untuk sekadar melihat-lihat atau memang berbelanja. Momen inilah dimanfaatkan oleh para pedagang atau pebisnis dengan menawarkan diskon khusus "black friday".


Awal mula black friday itu sendiri sebenarnya memiliki masa lalu yang kelam di mana terjadi keributan berujung kerusuhan yang berakibat penjarahan sejumlah toko. Semua barang ludes dijarah orang. Pedagang mengalami kerugian fatal. Namun di awal tahun 80-an istilah "black friday" dipergunakan orang marketing seolah-olah ingin mengatakan bahwa "jarahlah barang-barang di toko kami sampai ludes dengan uangmu karena harganya benar-benar murah". 


Jadi, sebenarnya tidak ada yang spesial di program diskon satu ini. Trik promonya bisa seperti yang sudah pernah kami jelaskan. Namun karena saking terkenalnya hari belanja satu ini maka banyak perusahaan rela merugi sedikit supaya toko-toko atau merek dagangan mereka dikenal orang. Jadi benar-benar diberikan potongan harga yang aduhai. Jika kebetulan anda berada di Amerika atau Canada di bulan-bulan oktober atau november maka bisa memburu barang-barang impian anda. Cuma untuk kota-kota di Indonesia rasanya tidak bisa menikmati promo diskon yang satu ini, kecuali berbelanja online langsung ke Amerika atau Canada lewat online atau mungkin belanja kuota hosting, domain atau servis yang berhubungan dengan internet. Biasanya ada promo black friday-nya. Tapi mungkin saja suatu hari muncul promo diskon jumat hitam di Indonesia. Namanya juga trik jualan.


Berikutnya >>> New Year Sale